2 Mahasiswa S2 Pendidikan Bahasa Indonesia Lulus Tanpa Menulis Tesis

2 mahasiswa MPBI raih kelulusan tanpa mengerjakan tesis

2 (dua) mahasiswa Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia (MPBI) Universitas Islam Malang lulus tanpa menulis tesis. Capaian kelulusan tanpa menulis tesis sebagai apresiasi karena berhasil menerbitkan publikasi artikel ilmiah di jurnal terakreditasi Sinta 2.

Dua mahasiswa tersebut adalah Yuanita Widiastuti dan Oktavia Winda Lestari. Yuanita Widiastuti memimpin publikasi pada KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal). Yunanita menulis artikel berjudul “Preferensi media bacaan sastra siswa SMAN 1 Kraksaan: Cetak atau digital?“. Yuanita dibantu oleh rekannya, Oktavia Winda Lestari sebagai penulis kedua dan Bu Dr. Ari Ambarwati, M.Pd yang membimbing penulisan karya ilmiah ini.

Selain, sebagai penulis kedua Oktavia juga menjadi penulis pertama pada publikasi di Eralingua; Jurnal Pendidikan Asing dan Sastra dengan judul “Lexicon in Tradition Kuih Ashura Malay Society Nakhon Si Thammarat Thailand: An Ethnolinguistic Study“. Oktavia dibantu juga oleh Yuanita Widiastuti sebagai penulis kedua, Prof. M. Jazeri, M.Pd sebagai penulis ketiga dan Dr. Hasan Busri, M.Pd sebagai penulis keempat.

SK Rektor Apresiasi Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Mahasiswa yang berhasil terpublikasi tulisannya tidak diwajibkan lagi menyusun tesis, sesuai dengan SK Rektor Universitas Islam Malang Nomor 585/G152/U.AK/L.16/XII/2019. Putusan SK Rektor untuk mahasiswa S2 tersebut berbunyi

“Jika mahasiswa bisa mempublikasikan hasil penelitian atau karya ilmiah minimal 2 pada jurnal nasional terindeks Sinta 1 atau 2 sebelum yang bersangkutan memprogram tesis, diberi penghargaan bebas proses penyelesaian tesis. Nilai tesis akan dikonversi dari karya ilmiah tersebut dengan nilai A”.

Baca pula S2 Pend Bahasa Indonesia bersama FKIP Unisma Gelar Konferensi Internasional

Keberhasilan mahasiswa untuk lulus tanpa tesis merupakan buah dari usaha dan tekad yang gigih dalam menulis. Selain itu, publikasi ilmiah juga hasil dari proses dan kesabaran mengikuti arahan dan pembimbingan dari bapak/ibu dosen.

Penghargaan ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman dan keahlian mahasiswa di bidang publikasi. Keberhasilan di bidang publikasi ini juga dibutuhkan oleh lembaga perguruan tinggi untuk menunjang akreditasi program studi karena akan meningkatkan rating lembaga. (IS/AL/PPS)