Malang, 19 Agustus 2024 – Riset terbaru yang dilakukan oleh tim peneliti dari Universitas Islam Malang (UNISMA) menyoroti kesulitan yang dihadapi mahasiswa tahun pertama dalam memahami konsep aljabar. Studi ini menunjukkan bahwa transisi dari aritmatika ke aljabar sering kali sulit bagi banyak mahasiswa, dengan kesulitan khusus pada pemahaman variabel dan penggunaan tanda sama dengan. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya mengenali dan mengatasi miskonsepsi aljabar sejak dini untuk mencegah akumulasi kesalahan konseptual yang dapat menghambat kemajuan akademis.
Penelitian ini dipimpin oleh Fadhila Kartika Sari, M.Pd dan Dr. Surya Sari Faradiba, M.Pd, yang bekerja sama dengan Prof. Rully Charitas Indra Prahmanda, M.Pd sebagai peninjau artikel luaran penelitian. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan melibatkan Think-Aloud Protocol, penelitian ini bertujuan untuk memahami proses kognitif mahasiswa saat menyelesaikan masalah aljabar.
Metode ini memungkinkan mahasiswa untuk mengungkapkan proses pemikiran mereka secara verbal saat mengerjakan tugas aljabar, memberikan wawasan mendalam tentang miskonsepsi yang mereka miliki. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesalahan umum meliputi penggunaan simbol operasional yang keliru dan interpretasi yang salah terhadap variabel.
Fadhila Kartika Sari, M.Pd menjelaskan bahwa dengan mengadopsi Teori Domino, tim peneliti dapat mengidentifikasi miskonsepsi fundamental yang berpotensi memicu rangkaian kesalahan lainnya. “Dengan mengatasi miskonsepsi mendasar terlebih dahulu, kita dapat menciptakan efek domino positif yang meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam area terkait lainnya,” ujar Fadhila. Strategi intervensi yang dikembangkan berdasarkan temuan ini diharapkan dapat memperbaiki pemahaman konseptual mahasiswa dan mencegah penumpukan kesalahan yang lebih kompleks di masa depan.
Baca pula Bismillah Unggul, Asesmen Lapangan MPBI UNISMA Berjalan Sukses.
Penelitian ini didanai oleh Hibah Institusi UNISMA (HI-ma), sesuai dengan surat perjanjian Pelaksanaan Hibah Penelitian No. 089/G164/U.LPPM/K/B.07/I/2024, 29 Januari 2024. Penelitian ini tidak hanya memberikan kontribusi signifikan bagi pendidikan matematika, tetapi juga membuka peluang untuk pengembangan kurikulum dan metode pengajaran yang lebih efektif.
Universitas Islam Malang berkomitmen untuk terus mendukung penelitian yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan dan membantu mahasiswa mencapai keberhasilan akademis yang lebih tinggi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat diterapkan dalam berbagai program pendidikan untuk meningkatkan kompetensi matematis mahasiswa secara menyeluruh.