Magister Manajemen (MM) Pascasarjana Universitas Islam Malang (UNISMA) pada Hari Sabtu (18/03) kemarin baru saja mengadakan kegiatan Guest Lecture atau Kuliah Tamu yang dihadiri oleh sekitar 50 orang mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa angkatan 2021/2022 dan angkatan 2022/2023.
Beberapa DTPS (Dosen Tetap Program Studi) dari Program Studi Magister Manajemen juga turut hadir pada kegiatan tersebut berlangsung dari pukul 09:00 WIB hingga selesai di Ruang Pusat Studi Jawa Timur Gedung Pascasarjana Unisma lantai 3.
Acara tersebut juga turut dihadiri oleh Ketua Program Studi (KPS) Magister Manajemen, Dr. Pardiman, S.E., M.M., lalu juga tentunya Direktur Pascasarjana Unisma, Prof. H.M. Mas’ud Said. M.M., Ph.D., dan untuk guest lecture kali ini adalah tamu dari Surabaya, yakni General Manager dari PT. iForte Solusi Infotek, Lidyawati Mustafa beserta dengan tim dari Kantor Cabang Kota Surabaya. Guest Lecture kali ini mengusung tema yang sangat menarik dan relevan, yakni: “Best Practice Marketing Innovation”.
Baca pula Magister Manajemen Bekali Mahasiswa Kemampuan Strategic Planning
Dalam sambutannya, Dr. Pardiman yang juga merupakan KPS dari Prodi Magister Manajemen mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Ibu Lidya karena bersedia untuk memberikan sedikit pengalaman-pengalamannya kepada para mahasiswa.
“Terima kasih kepada Ibu Lidya, semoga berkah untuk kita semuanya. Meskipun saya bukan merupakan orang marketing, saya juga akan berusaha untuk belajar dari apa yang akan Ibu sampaikan nanti” jelasnya.
Sementara itu, Prof. Mas’ud dalam sambutannya menjelaskan tentang beberapa profil Unisma kepada para hadirin. Ia mengatakan bahwa saat ini, Unisma memiliki posisi yang patut diperhitungkan di Jawa Timur, bahkan Indonesia.
Baca pula Guest Lecture Best Practice Marketing Innovation
“Oleh karena itu, kalian mahasiswa sangat tepat memilih berkuliah di Unisma. Kampus kita saat ini merupakan salah satu kampus yang terbaik di Indonesia, peringkat 44 nasional, dan merupakan peringkat pertama kampus swasta terbaik nasional. Sebentar lagi Pascasarjana Unisma juga akan melakukan tanda tangan dengan Universitas Al-Azhar”. Jelas Prof. Mas’ud dengan bangga.
“Kita akan membawa kebesaran Al-Azhar ke Jawa Timur, tepatnya di Unisma” tegasnya lagi.
Guru Besar Ilmu Sosial dan Kepemerintahan tersebut juga mengatakan bahwa tema yang dibawakan kali ini sangat relevan dengan jaman yang sudah semakin maju seperti saat ini. Beliau juga berterima kasih kepada Ibu Lidya yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk hadir di tengah-tengah mahasiswa.
“Tema yang diangkat, dan tamu yang dihadirkan kali ini sangat hebat. Inovation Marketing akan berguna sampai kapanpun. Oleh karena itu mari kita ikuti kegiatan kali ini dengan baik” Ucapnya.
Marketing Innovation
Kemudian setelah sambutan dari Prof. Mas’ud, Ibu Lidya kemudian yang berkesempatan untuk menceritakan karir dan pengalamannya selama lebih dari sepuluh tahun bekerja di berbagai perusahaan, dimulai dari jabatan yang sebagai Costumer Service, hingga bisa naik menjadi General Manager.
“Intinya jika seseorang memintamu untuk menempati posisi baru, berarti atasan kalian ini bisa melihat potensi tersembunyi yang ada di dalam diri kalian. Di tempat itulah nanti bisa jadi kalian akan bersinar. Intinya kita jalani dulu saja dan yakin” Pungkas Ibu Lidya.
Ia juga menceritakan seseorang itu harus senantiasa mengembangkan value, apa yang orang jual itu adalah cerminan dari diri kita sendiri. “Buatlah diri kita sejajar dengan orang yang ingin kita temui. Tips agar berhasil menjadi seorang marketing yang handal adalah jangan hanya sekedar menjual barang saja, tetapi buatlah teman yang sebanyak-banyaknya agar ia merasa nyaman berteman dengan kita” pungkasnya.
“Don’t Sell, Just Make Friends”
Lidyawati Mustofa
Acara berlangsung dengan sangat menyenangkan, karena juga diselingi dengan sesi sharing-sharing pengalaman dari beberapa teman seperjuangan Ibu Linda, dan juga sesi tanya jawab dari beberapa mahasiswa yang kebetulan sebagiannya memang sudah banyak yang bekerja (AAFR/PPS).