UNISMA Raih Akreditasi Peringkat A Siap Wujudkan Globall Class

Keluarga Besar UNISMA, khususnya FIA dan Pascasarjana UNISMA sangat berbahagia saat ini. Bahagia karena Prodi  Ilmu Administrasi dan Magister Pendidikan Islam memperoleh akreditasi Peringkat A.
Rasa bahagia dengan capaian akreditasi peringkat A tersebut disyukuri dengan menggelar buka bersama.

Direktur Pascasarjana UNISMA, Prof. H. M. Mas’ud Said, MM., Ph.D., bersama Wadir 1 (Dr. H. Nur Fajar Arif, M. Pd) dan Wadir 2 (Dr. Rulam Ahmadi, M. Pd) menghadiri acara tasyakuran tersebut yang disertai pula oleh para KPS dan staf di lingkungan Pascasarjana.

Sambutan pertama disampaikan oleh Dekan FIA (Dr. Hj. Rini Rahayu Kurniati, M. Si). Dalam sambutannya, Dekan FIA menyampaikan terima kasih pada semua pihak yang ikut mendukung dan membantu sejak proses pemberkasan hingga saat visitasi lapang dilaksanakan sehingga FIA memperoleh akreditasi peringkat A. Dekan FIA mengakui bahwa Rektorat dan Yayasan UNISMA turun langsung memantau dan memberikan pengarahan baik yang berkaitan dengan isi borang hingga fasilitas-fasilitas penting yang terkait dengan penyelenggaraan kegiatan akademik maupun administrasi FIA. Pada kesempatan itu ikut hadir menyertai Dekan FIA adalah Wakil Dekan 1 (Daris Zunaida, S. AB., M. AB); Wakil Dekan 2 (Retno Wulan Sekarsari, S. AP., M. AP., M. Pol. Sc.); dan Wakil Dekan 3 (Dr. Afifuddin, MM); termasuk para Ketua Program Studi dan para dosennya. Mantan KPS Magister Pendidikan Islam (Dr Syamsu Madyan, LC., MA.) yang melayani proses asesmen saat proses asesmen lapang berlangsung.

Direktur Pascasarjana juga memperoleh kesempatan untuk menyampaikan sambutannya. Dia mengetengahkan, “Perolehan peringkat A ini menjadi inspirasi untuk bekerja dan bekerja untuk mengupayakan prodi-prodi lain bisa mencapai peringkat A juga. Prestasi ini tiada lain karena kita bekerja keras secara bersama-sama baik pimpinan, KPS, dosen, dan para staf”.

Pascasarjana UNISMA memiliki beberapa prodi: 1) Prodi Pendidikan Islam dan 2) Hukum Islam (KPS: Dr. Muhammad Afifulloh, M. Pd); 3) Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (KPS: Dr. Akhmad Tabrani, M. Pd); 4) Pendidikan Bahasa Inggris (KPS: Dr. Hj. Mutmainnah, M. Pd); 5) Managemen (KPS: Dr. Pardiman, MM); 6) Ilmu Hukum (KPS: Dr. H. M. Muhibbin, M. Hum); 7) Notariat (KPS: Dr. Sunardi, M. Hum); 8) Peternakan (KPS: Dr. Sumartono, ); dan 9) dan S3 Prodi Pendidikan Islam Multikultural (KPS: Prof. Dr. H. Djunaidi Ghony).

Rektor UNISMA, Prof. Dr. H. Maskuri, M Si, dalam sambutannya mengetengahkan, “Keberhasilan FIA dan Magister Pendidikan Islam Pascasarjana UNISMA meraih akreditasi Peringkat A menambah semangat baru untuk mendorong prodi-prodi ain untuk mendapatkan peringkat A juga. Kunci utama keberhasilan ini bukan karena rektornya, melainkan kebersamaannya. Keberhasilan ini juga karena hasil kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas”.

Dr. H. Mochtar Data, M. Pd., Sekretaris Pembina Yayasan UNISMA, ikut memberikan sambutan. Ia mengetengahkan dalam sambutannya, “Prestasi memperoleh akreditasi peringkat A itu memang merupakan tekad Pascasarjana dan FIA. Dengan tekad itu terbukti membawa hasil yang gemilang, yakni akreditasi peringkat A. Kita ini serius dalam membangun dan mengelola UNISMA. Dengan keseriusan ini memberikan kesan tersendiri bagi para asesor”.

Tantangan ke depan bagaimana dengan prestasi gemilang ini menjadi inspirasi untuk mendorong prodi-prodi lain mendapatkan akreditasi peringkat A secara keseluruhan. Inilah tugas pekerjaan rumah yang menuntut persiapan yang sangat matang, bukan hanya untuk mersih akreditasi peringkat A, namun juga untuk mewujudkan kelas internasional (global class) sehingga UNISMA betul-betul go global.