Unisma Berikan Strategi Pemeringkatan Webometrics

foto bersama worshop strategi penilaian webometrics unisma

Untuk menyiapkan pemeringkatan webometrik, Unisma selenggarakan workshop untuk strategi penilian webometrics. Workshop untuk adminitrator website ini dilaksakan di ruang Artificial Inteligence studio gedung Ali bin Abi Tholib lantai 1.

Workshop ini dimaksudkan untuk meningkatan kunjungan di website. Umar Khadafi, M.Pd., MOS ini menjelaskan perubahan sistem penilaiain yang dilakukan oleh webometrik. Pemeringkat website ini setidaknya ada 3 yaitu: Visibility, Openness dan Excellence.

Wakil rektor memberikan pengantar penilaian webometrics
Wakil Rektor 4, Dr. Istirochah Pujiwati, M.P bersama direktur iblu Academy Umar Khadafi, M.Pd., MOS., MCE

Wakil Rektor 4, Dr. Istirochah Pujiwati, M.P sangat concern pada website Unisma. Dosen Pertanian tersebut menjelaskan bawah hasil quisioner 1800 mahasiswa baru menunjukkan bahwa alasan informasi dari website. Website di lingkungan Unisma jadi ujung tombak dalam menjaring mahasiswa baru.

Baca pula Website merupakan Gerbang Dunia

Wakil rektor yang membidangi kelembagaan unisma tersebut juga mengingatkan tanggung Unisma telah mendapat akreditasi unggul. Salain itu, Akreditasi internasional seperti ASIIN dan FIBAA selalu mengakses webiste Unisma dalam melakukan penilaiannya

Indikator Penilaian Webometrics

Dilansir dari Website Webometric Impact Rank indikator penilaian webometrics ada 3 indicator. Peringkat webometrics didasarkana 3 aspek yaitu: Visibility, Openness dan Excellence.

Visibility mencakup pada content pada konten website dan dampaknya. Penilainnya meggunakan jumlah jaringan eksternal yang tertaut ke halaman web institusi. Sumber visibility berasal Ahrefs dan Majestics.

Openness mecakup jumlah aktikel dari dosen dan peneiliti yang dirujuk. sumber penilaiannya berasal dari google scholar. Aspek penilaian ini bobotnya hanya 10%.

Excellece mencakup paper dan aertikel ilmiah terbaik yang dimiliki universitas. Sumber penilaiannya berasal dari Scimago dengan bobot 40%.

Baca pula Program Pascasarjana menerima anugerah website terbaik kedua di lingkungan Universitas Islam Malang

Materi Wokshop

Workshop ini bertujuan untuk meningkatan peringkat webometrics Unisma. Materi saat ini berfokus pada teknik pembuatan konten baik dalam bentuk berita maupun artikel. Berita website yang baik setidaknya memuat komponen berikut:

Judul

Judul website baiknya tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang. Judul ditulis secara lugas dan jelas serta memuat kanta kunci yang kita target.

Kata Kunci

Kata kunci ialah kata atau frasa yang kita targetkan agar artikel/berita kita mudah di cari di mesin pencari. Baiknya kata kunci tercantum juga di judul, permalink, headline serta isi berita

Tag

Tag memberikan informasi tentang keterkaitan artikel/berita dengan topik yang relevan. Tag sangat disarankan mencatut kata kunci yang ditaget.

Internal Link

Internal link memudahkan dengan pengguna untuk berselancar pada website kita. Internal link ditujukan pada website utama ataupun berita yang relevan di dalam website kita.

Ekstenal Link

Eksternal link harus dimasukkan sebagai bentuk rujukan dari website. Eksternal link dalam konten berita minimal 1 buah.

6 informasi di atas merupakan strategi untuk menulis website. Stratgi tersebut akan mudah diterapkan saat website kita telah menginstal Plugin Yoast SEO. Informasi pendaftaran Unisma dapat diperoleh dari web PMB Unisma.