HOT LINKSnext play pause back

Page visit counter:

526731

Pengunjung hari ini : 5
Total pengunjung : 129050
Hits hari ini : 96
Pengunjung Online: 2

Profil Magister Hukum Islam

 

 

Visi Program Studi

Visi Prodi

Menjadi lembaga penyelenggara PS MHI UNISMA yang profesional dan berdaya saing global serta berakhlakul karimah, berlandaskan Islam Ahlussunnah waljama’ah

Maksud dari :

Profesional artinya lulusan MHI yang mampu bekerja dan berkiprah sesuai profesi dan kepakaran, kaitannya dengan bidang Hukum Islam

Berdaya Saing Global artinya lulusan yang memiliki mental kompetitif dan mampu menjawab tantangan-tantangan global sesuai dengan tuntutan profesinya

Berlandaskan Islam Ahlusunnah Waljama’ah artinya lulusan yang memiliki watak pemikiran keislaman, sesuai dengan yang diajarkan dan dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. dan para sahabatnya, dan berlaku khusus di lingkungan warga nahdliyin, dengan metode berfikir, bersikap dan berperilaku yang memegang teguh prinsip-prinsip Tawassuth(moderat/tidakmemihak), Tawazun (berimbang), Tasammuh (toleransi),dan Ta’adul (berkeadilan). Artinya dalam menjalankan visi dan misi, PS MHI UNISMA selalu berusaha memegang teguh prinsip-prinsip tersebut. Apabila terjadi  permasalahan-permasalahan dalam penyelenggaraannya, maka penyelesaiannya dilakukan dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip tersebut  toleransi, tidak mau menang sendiri, adil, dan tetap menjaga keseimbangan civitas akademika.

 

Misi Program Studi

PS MHI UNISMA mempunyai misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan program yang profesional, berkualitas, dan kompetitif pada tingkat nasional dan internasional untuk menghasilkan sumber daya yang berkualitas, berdaya saing, dan berakhlaqul karimah berlandaskan Islam Ahlusunnah wal Jamaah.
  2. Mengembangkan penelitian dan praktek profesional untuk menghasilkan karya inovatif di bidang Hukum Islam yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat.
  3. Menerapkan hasil kajian dan nilai-nilai Islam Ahlusunnah wal Jamaah yang meliputi prinsip; Tawassuth (moderat), Tawazun (keseimbangan), Tasamuh (Toleran) dan Ta’adul (bervisi keadilan) dalam pengabdian masyarakat.
  4. Mengembangkan menejemen PS MHI UNISMA yang bertatakelola baik dan efisien.

 

Tujuan Program Studi

 

Sesuai dengan visi dan misi sebagaimana diuraikan di atas, maka tujuan PS MHI UNISMA adalah untuk menghasilkan lulusan  yang profesional, kritis, dan kreatif, serta memiliki kemampuan akademik untuk:

1.    Menghasilkan lulusan yang  mampu merencanakan, memecahkan dan mengembangkan masalah-masalah terkait Hukum Islam, kompeten di bidangnya, dan mengabdi untuk kemaslahatan umat, seiring dengan kemajuan kehidupan sosial dan IPTEK.

2.    Mengembangkan hasil-hasil penelitian pada masyarakat dalam rangka menjadikan PS MHI sebagai pusat pengembangan Hukum Islam yang berkualitas.

3.    Menghasilkan kajian-kajian hukum yang berkaitan dengan nilai-nilai Islam Ahlusunnah wal Jamaah yang meliputi prinsip; Tawassuth (moderat), Tawazun (keseimbangan), Tasamuh (Toleran) dan Ta’adul (bervisi keadilan) yang kemudian dapat diterapkan dalam progrm-program pengabdian masyarakat

4.    Menyelenggarakan sistem kelembagaan PS MHI UNISMA yang demokratis, efektif, dan efisien.

 

 

Last Update: $tgldmy