#

Profil Singkat

  • 14 Agustus 2019

Pascasarjana Unisma adalah unit pendidikan profesional, penelitian dan pengabdian masyarakat yang diarahkan menuju applied science. Pascasarjana Universitas Islam Malang berdiri sejak tahun 1996 yang diawali dengan program Magister Studi Agama Islam. Kemudian disusul dengan Magister Ilmu Hukum, Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Magister Pend. Bahasa Inggris dan Magister Manajemen dan sekarang menjadi 9 program studi S2 dan 1 program studi S3. 

Program Studi

 

Keunggulan Program

Ditopang oleh pengajar dan tenaga kependidikan yang profesional dan memiliki reputasi nasional. Arah orientasi akademik, penelitian dan pengabdian masyarakat Pascasarjana unisma ditujukan kepada apllied science. Arah pendidikan Program Pascasarjana tidak hanya mementingkan kualitas proses dan sarana prasarana tetapi juga kulitas output dan impact.

Setiap program studi memiliki speiifikasi tertentu yang merupakan kekhasan sekaligus keunggulan, misalnya program doktor multikultural diharapkan menjadi benchmarking bagi penyelesaian masalah-masalah disharmoni sosial keagamaan di Indonesia. Demikian pula Magister Kenotariatan memiliki kemampuan untuk mengarahkan lulusan menjadi expert di bidang hukum pertanahan, administrasi pertanahan dan memiliki kemampuan profesional sebagai notaris yang dapat mengatur manajemen pertanahan dan aset-aset pemerintah. 

Pascasarjana Unisma juga ditopang oleh struktur program unggulan terdiri dari kelompok mata kuliah (KMK). Yaitu KMK Dasar Keahlian, KMK Dasar Umum, KMK Wajib Konsentrasi, KMK Pilihan/Matrikulasi, Tesis dan KMK pendukung, penyelenggaraan pendidikan terdiri atas teori, seminar dan studi kasus melalui tatap muka selama 3 semester bagi program studi S2 dan 5 semester bagi program studi S3, dilanjutkan dengan penulisan tesis selama satu sampai dua semester dan penulitas desertasi disamping penelitian lapangan. Pada tahap pengerjaan dapat dipilih spesialisasi sesuai dengan latar belakang minat dan proyeksi masing-masing mahasiswa dengan mendapat fasilitas bimbingan khusus dari pengajar yang berkompeten dalam spesialisasinya.
 

Fasilitas Akademik
Ruang seminar sekelas Hallroom Hotel Bintang empat di lantai 7 Gedung Pascasarjana, Ruang Konseling Akademik, Ruang Guru Besar,  Laboratorium Bahasa, Micro Teaching, Laboratorium Komputer/IT Center, Perpustakaan, Pusat Internet, Pusat Kewirausahaan dan Function Room bagi mahasiswa Pascasarjana,dan ruang seminar dosen. Setiap kelas dilengkapi dengan fasilitas LCD monitor terpasang dalam kompleks gedung lantai 7 yang teritegrasi dengan pusat layanan akademik tingkat universitas. 

Kerjasama Antar Lembaga

Pada tahap sekarang, salah satu keunggulan pascasarjana Unisma adalah kerjasama luar negeri yang meluas dibuktikan dengan Global Summit of University Leaders yang dilakukan di berbagai negara termasuk tahun 2019 dimana Unisma menjadi host kegiatan tersebut. Kerjasama antara Unisma dengan berbagai kementrian dirajut antara lain dengan Kemenkumham, Kementerian Sosial, Kementerian Agama, Kementerian Ristekdikti, dan Lembaga Negara. Unisma Malang telah menjalin kerjasama dengan Universitas-Universitas terkemukan di berbagai benua termasuk Asia, Eropa dan Amerika. Beberapa dosen Pascasarjana juga merupakan lulusan universitas terkemuka di Australia. 

Unisma juga menjadi host dari program beasiswa Propinsi Jawa Timur untuk studi S2 bagi guru Madin dan pusat pelatihan dan pengembangan SDM bagi pemerintah daerah dan pemerintah propinsi Jawa Timur. 

 

Masa Studi dan Waktu Perkuliahan
Bagi mahasiswa program S2 jumlah Satuan Kredit yang ditawarkan adalah 36 - 45 SKS. Kuliah tatap muka dilaksanakan selama 4 caturwulan efektif setara dengan 4 semester termasuk caturwulan terakhir untuk penyusunan tesis. Kuliah Tutorial dilaksanakan efektif hari kerja sesuai jadwal dan alokasi waktu yang ditetapkan dengan standar sistem kredit semester. Sistematika dan prosedur perkuliahan ditetapkan dalam Buku Pedoman Akademik Program Pascasarjana Unisma.
Bagi mahasiswa program doktor (S3), satuan kredit yang ditawarkan sesuai prosedur dan peraturan yang ditetapkan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Agama Islam dan Menristekdikti dengan perkiraan waktu 6-8 semester, termasuk di dalamnya studi lapangan dalam dan luar negeri, penelitian dan penulisan desertasi.