#

Pascasarjana Lawatan ke Dinas Kominfo Jawa Timur

  • Jumat, 07 Februari 2020 - 10:04 WIB

Kamis, 6 Februari 2020,  Tim Pascasarjana UNISMA melakukan lawatan ke Kantor Dinas Kominfo Jawa Timur di Surabaya. Kehadiran kunjungan tersebut diterima oleh Kepala Dinas Kominfo Dr. Benny Sampirwanto dan para Kepala Bidang.

Tujuan kunjungan adalah untuk mendiskusikan bersama tentang program kerjasama yang telah diperkuat dengan penandatanganan MOU antara UNISMA dan Kominfo Jatim

Kehadiran tim Pascasarjana UNISMA disambut dengan menghadirkan tim ahli big data. Ini memang dipersiapkan sedemikian untuk memenuhi kepentingan kehadiran tim Pascasarjana UNISMA yang berkaitan dengan kerjasama penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Gayeng, Direktur Pascasarjana bersama Kepala Dinas Kominfo Jawa Timur saat Rapat pertemua 

Dalam sambutannya, Prof. Mas’ud Said mengemukakan apa yang sejalan dengan apa yang dikemukakan oleh Gubernur Jatim, “Kami ingin menyumbang hasil-hasil penelitian dari seluruh program studi yang ada di UNISMA. Kami ingin memperkuat kultur Jatim yang berbeda dari propinsi lain. Sehingga impian big data yang diimpikan oleh Ibu Gubernur Jatim menjadi terwujud”.

Direktur Pascasarjana UNISMA, Prof. H. M. Mas’ud Said, MM, Ph.D., mengawal langsung kunjungan Tim Pascasarjana UNISMA didampingi Wadir 1 dan 2, para KPS dan staf Pascasarjana UNISMA. Wakil DIrektur 2, Dr. Nur Fajar Arief mempresentasikan program untuk menyuplai data tentang pendidikan dan kebudayaan. Pak Benny selaku Kepala Dinas menyambut baik program tersebut. "Ini lah yang kami butuhkan, sehingga enrichment data dapat terus berjalan" tandas mantan Bakorwil Malang tersebut.

Dr. Nur Fajar Arief, M.Pd tawarkan enrichment untuk big data Kominfo Jawa Timur 

Setelah kedua pimpinan saling mempresentasikan rencana dan progres kerja. Pak Benny mengajak untuk mengunjungi Command Centre yang memperlihatkan kecanggihan data menuju Jawa Timur Smart Province. Big data yang ada di comand centre banyak hal mencakup kependudukan, ekonomi, dan kesejahteraan sosial. Namun, perlu di akui bahwa data nasih terus diupdate dan diperbanyak sehingga data tersebut bisa dikembangkan untuk big data analytics. 

Kepentingan Pascasarjana UNISMA adalah untuk mempermudah para dosen dan mahasiswa Pascasarjana UNISMA memperoleh data yang diperlukan untuk kajian ilmiah atau penulisan karya ilmiah baik tesis maupun disertasi. Pada sisi lain Pascasarjana UNISMA dapat menyumbangkan informasi atau data hasil penelitian ke Dinas Kominfo Jawa Timur. (RA/AL/PPS)

Direktur Pascarjana memperhatikan data dengan seksama yang ada di Command Center