#

Pascasarjana Hadirkan Imam Besar Masjid Istiqlal untuk Kuliah Tamu

  • Jumat, 17 Januari 2020 - 13:24 WIB

Kuliah Tamu bersama Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar MA., berlangsung dengan lancar dan peserta secara antusias mendengarkan presentasi beliau. Kegiatan ini diselenggarakan Pascasarjana Unisma Malang pada tanggal 15 Januari 2020 di Gedung Abu Bakar as Shiddiq lantai 4.

Kuliah Tamu dibuka secara resmi oleh Direktur Pascasarjana Prof. H. M. Mas'ud Said, MM., Ph.D yang didampingi Wakil Rektor 1 bidang Akademik Prof. Drs. H. Junaidi Mistar, MPd., Ph.D.

Dalam sambutan, Direktur Pascasarjana menyampaikan bahwa kehadiran narasumber telah lama direncanakan dan dinantikan, karena itu merupakan amanat dari almarhum Prof. Dr. KH. M. Tholhah Hasan. Tentu saja amanat ini didasarkan pada hubungan baik dan pertimbangan atas kapasitas akademik dan keilmuan yang ada pada diri narasumber.

Sambutan Direktur Pascasarjana sebelum Kuliah Umum oleh KH. Nasaruddin Umar 

Kuliah Tamu bertemakan Pendidikan Agama Islam Multikultural. Narasumber menekankan bahwa pemahaman multikulturalisme dalam perspektif Islam akan terbangun dengan baik bila diawali dari pemahaman terhadap esensi dan eksistensi apa yang ada di alam ini dan yang paling penting adalah pemahaman terhadap Yang Maha Ada yakni Allah SWT.

Lebih lanjut narasumber memaparkan lima jenis alam, yakni Ahadiyyah,  Wahidiyyah, Jabarut, Malakut, dan Syahadah. 

Penjelasan berbagai macam alam tersebut sebagai modal untuk memahami keberagaman kultur dan memperteguh keyakinan (aqidah).
Acara yang berlangsung 3,5 jam tersebut diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Dr. H. Muhibbin, MH.