#

Alumni UNISMA, Wina Nurnama, Dilantik sebagai Kepala Desa Wonoayu Periode Ketiga

  • Jumat, 30 Agustus 2019 - 09:44 WIB

Menjadi kepala desa hingga periode ketiga bukan hal yang mudah. Tetapi bagi Wina Nurnama, M. Si beda, baru saja ia dilantik sebagai Kepala Desa Wonoayu untuk ketiga kalinya. Bu Wina, sapaannya, adalah alumni Program studi Magister Ilmu Administrasi (MIA) Pascasarjana Universitas Islam Malang (UNISMA) yang lulus tahun 2016 itu dilantik di Pendopo kabupaten Malang kemarin.

Bu Wina melihat bahwa kinerja pemerintahan Desa Patokpicis berjalan dengan baik dan memuaskan warga masyarakat, sehingga tertarik untuk mengangkat judul tesisnya, “Kemampuan dan Motivasi Kerja Pemerintahan Desa (Studi pada Pemerintah Desa Patokpicis Kecamatan Wajak Kabupaten Malang”. Judul penelitian itu mengantarkan Ibu Wina menjadi seorang Magister Ilmu Administrasi UNISMA.

Desa Wonoayu merupakan salah satu desa yang menjadi Pilot Project UNISMA dengan berbagai kegiatan yang termasuk dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Mahasiswa S1 dan S2 juga melakukan kegiatan terprogram di desa tersebut. Pantas saja jika Desa Wonoayu mengalami perubahan dan peningkatan yang begitu cepat.

Pembangunan infrastruktur merupakan target utama dalam masa jabatan sekarang, kemudian diikuti dengan pertumbuhan dan perkembangan sektor ekonomi. Sudah banyak produk warga masyarakat Desa Wonoayu yang diciptakan terutama yang menggunakan bahan baku lokal, khususnya pertanian, seperti pembuatan permen dengan bahan baku pepaya, kripik dan lain sebagainya. One Village, One Product menjadi fokus pngembangan Desa Wonoayu dengan menggerakkan partisipasi masyara melakukan aktivitas-aktivitas ekonomi. Itu bukanlah impian kosong. Buktinya, Desa Wonoayu termasuk salah satu lokus Kampung KB.

Desa Wonoayu juga sedang gencar-gencarnya mengembangan dunia wisata dengan target desa tersebut menjadi salah satu destinasi wisata, sehingga peluang peningkatan pendapatan daerah akan mengalami peningkatan yang signifikan. Saatnya kita sekarang rekreasi ke desa, diantaranya adalah ke Desa Wonoayu Kecamatan wajak Kabupaten Malang Jawa Timur.