HOT LINKSnext play pause back

Page visit counter:

526661

Pengunjung hari ini : 5
Total pengunjung : 129050
Hits hari ini : 26
Pengunjung Online: 2

Warta Terkini

PASCASARJANA UNISMA SELENGGARAKAN SEMINAR NASIONAL MULTIKULTURALISME
05-03-2014 12:55


PASCASARJANA UNISMA SELENGGARAKAN SEMINAR NASIONAL MULTIKULTURALISME

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di abad ke 21 ini terutama dalam bidang informatika dan komunikasi telah menjadikan dunia sebagai sebuah global village, yang ditandai oleh interaksi yang intensif oleh masyarakat intra dan inter nation. Implikasi dari interaksi ini adalah terjadinya ‘inter-cultural exchanges’ yang tidak jarang menimbulkan gesekan-gesekan dan konflik antar budaya jika tidak diimbangi oleh sikap toleransi.

 

Pendidikan sebagai panglima dalam mempertahankan dan mengembangkan masyarakat yang berkarakter moral religious menjadi sangat signifikan dalam menekan inter-cultural conflicts tersebut. Universitas Islam Malang sebagai lembaga pendidikan milik warga nahdliyin meyakini bahwa model pendidikan yang akan mampu mencetak peserta didik menjadi anggota masyarakat yang bermartabat dan berkarakter unggul itu adalah pendidikan yang berbasis pengakuan dan penghargaan atas adanya keragaman budaya (cultural diversity), yang selanjutnya dikenal sebagai Multicultural Education.

Dalam rangka memberi kesempatan kepada para pakar, pengambil kebijakan pendidikan, praktisi pendidikan, mahasiswa Program Magister dan Doktor PPS UNISMA, dan masyarakat umum untuk mengkaji lebih mendalam konsep pendidikan multikultural ini serta membahas implementasinya dalam pendidikan sehari-hari, Program Pascasarjana menyelenggarakan seminar nasional  dengan tema “Membangun Peradaban Masyarakat yang Bermartabat dan Berkarakter Unggul melalui Pendidikan Multikultural”. Seminar diselenggarakan pada hari Sabtu 22 Pebruari 2014 di Gedung KH Oesman Mansjoer dengan pembicara Prof. Dr. H. Azyumardi Azra, MA, Prof. Dr. H. Ahmad Sonhaji KH, MA, dan Drs. H. Fathurrahman Alfa, MA.

Seminar diikuti oleh lebih dari 350 peserta yang tediri atas mahasiswa program magister dan program doktor serta peserta undangan meliputi Kepala Dinas Pendidikan se Malang Raya, Kepala Kantor Kementerian Agama se Malang Raya, Ketua Tanfidziyah PCNU se Malang Raya, Ketua PC LP Ma’arif se Malang Raya, Rektor PTN se Malang, dan Rektor/Ketua PTAI se Jawa Timur, pimpinan fakultas dan biro di Unisma, dan dosen.

 


[Kembali]