Magister manajemen

Globalisasi dan Inovasi Teknologi telah memengaruhi perilaku masyarakat (pasar) dan menyebabkan lingkungan bisnis terus berkembang. Fenomena internet, media sosial dan teknologi seluler telah merubah perilaku masyarakat (pasar) dalam berinteraksi sehingga organisasi (bisnis) dituntut mampu melakukan penyesuaian terhadap kebutuhan atau keinginan pasar secara terus menerus. Oleh karena itu, setiap organisasi harus berinovasi serta memperbarui proses bisnis dengan tetap memperhatikan efisiensi biaya operasionalnya, berkolaborasi dengan pasar yang semakin meluas, dan beradaptasi dengan perilaku pasar yang selalu berubah.  Organisasi yang menolak untuk berubah atau tidak bergerak maju akan dipaksa keluar dari pasar, atau bahkan mungkin terhapus oleh organisasi-organisasi atau perusahaan-perusahaan yang terus melakukan inovasi. Guna menghadapi situasi tersebut di atas, organisasi (bisnis) membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang visioner dan inovatif dibidang pemasaran, produk, proses, bahkan inovatif dibidang organisasi untuk melakukan penyesuaian secara tepat dan cepat terhadap perubahan yang terjadi.

Visi

Menjadi Program Studi Magister Manajemen yang berdaya saing tinggi untuk menghasilkan lulusan berkemampuan merencanakan, memecahkan, melakukan perubahan dan mengembangkan ilmu manajemen melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat guna kemaslahatan umat berlandaskan Islam Ahlussunnah wal Jama’ah.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan program magister manajemen yang profesional, berkualitas, dan kompetitif pada tingkat nasional maupun internasional untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas, berdaya saing dan berakhlaqul karimah berlandaskan Islam Ahlussunnah wal Jama’ah.
  • Mengembangkan penelitian dan praktek profesional untuk menghasilkan karya inovatif dibidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya yang bermanfaat bagi kemaslahatan manusia.
  • Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian sesuai bidang keilmuan yang berpihak pada kemaslahatan umat manusia melalui pendekatan interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner.
  • Mengembangkan jejaring kemitraan yang bersinergi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan pelaksanaan tridharma perguruan tinggi dengan tata kelola yang baik (good governance) menuju program pascasarjana berstandart nasional dan internasional.

Tujuan

  • Menghasilkan lulusan Magister Manajemen yang profesional dan mampu bersaing secara nasional dan internasional serta memiliki sikap toleran dan moderat.
  • Menghasilkan Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat yang inovatif dibidang manajemen melalui pendekatan interdisipliner dan multidisipliner.
  • Mengembangkan kerjasama sinergis dengan berbagai pihak menuju program magister manajemen berstandart nasional dan internasional.

Kompetensi Unggulan Lulusan

Setiap Lulusan Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Islam Malang memiliki keahlian dalam:

  • Manajemen Perubahan (Change Management), melalui Perencanaan Strategis bidang Manajemen Modal Manusia (Human Capital Management) dan Pengembangan Organisasi (Organization Development) yang terintegrasi dengan Perencanaan Strategis bidang Pemasaran dan bidang Keuangan organisasi/lembaga/perusahaan.
  • Terampil dalam membuat perencanaan dan eksekusi program, pengalokasian sumberdaya organisasi/perusahaan, dan pengendalian aktivitas organisasi, baik organisasi publik (pemerintah) maupun swasta (bisnis).
  • Terampil dalam pengambilan keputusan manajerial secara tepat dengan pendekatan yang relevan dan akurat.
  • Terampil dalam mengembangkan model-model bisnis yang inovatif dan kreatif, guna menciptakan keunggulan bersaing (competitive advantage) perusahaan/organisasi.

Program Unggulan

  • Guest Lecturer dari kalangan praktisi, untuk memberikan perspektif yang berbeda terkait implementasi Manajemen Perubahan (Change Management) dalam tataran praktek.
  • Praktek lapang dengan mitra lembaga dalam rangka memperkuat kemampuan mahasiswa melakukan analisis lingkungan internal maupun eksternal organisasi, guna mendesain rencana perubahan yang harus dilakukan agar operasionalisasi organisasi lebih efisien, efektif dan lebih adaptif terhadap perubahan-perubahan yang sedang dan akan terjadi.
  • Management Competition. Memberikan dukungan kepada mahasiswa untuk mengikuti kompetisi manajemen guna mengasah pengetahuan dan intuisi manajerial (bisnis) yang nyata. Program ini dalam pelaksanaannya akan dibimbing secara khusus oleh tim profesional Prodi MM Pasca UNISMA.
  • Project Management – memberikan wawasan (insight) dan tempat belajar proyek manajemen melalui laboratorium untuk praktek konsultasi manajemen, riset manajemen, dan asesment.

Sarana prasarana kampus

  • Pusat Studi Manajemen
  • Ruang Kuliah ber-AC dan ber-LCD
  • Perpustakaan Universitas dan Pascasarjana dengan koleksi buku yang uptodate
  • Ruang Seminar dan Ruang Pertemuan 8 Ruang
  • Gedung Bundar sebagai Pusat Kegiatan Mahasiswa
  • Sarana Olah Raga (Lapangan Voly, Bulu Tangkis, Tenis Lapangan, dll)
  • Rumah Sakit
  • Masjid Kampus dan Pondok Pesantren
  • Pemondokan Mahasiswa (Rusunawa)

Pengelola

Rektor                                    :  Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si
Direktur Pascasarjana         :  Prof. H.M. Mas’ud Said, MM.,Ph.D
Wakil Direktur I                    :  Dr. H. Nur Fajar Arief.,M.Pd
Wakil Direktur II                   :  Dr. Rulam Ahmadi, M.Pd
Ketua Prodi MM                    :  Dr. Pardiman, SE.,MM.