Magister Manajemen Bekali Mahasiswa Kemampuan Strategic Planning

workshop strategic planning

Hari ini, Sabtu 6 Maret 2021, Magister Manajemen membekali mahasiswa kemampuan strategic planning. Agenda yang bertajuk Guest Lecture & Workshop Designing of Strategic” diselenggarakan di Ruang Pusat Studi Jawa Timur  Pascasarjana Universitas Islam Malang. Kuliah tamu ini menghadirkan Ketua Malang Consulting Group, Sugeng Waluyo, MM., CWM. Kegiatan ini diikuti seluruh mahasiswa dan alumni Magister Manajemen secara online maupun offline.

Sebelum paparan dari Ketua Malang Consulting Group, Direktur Pascasarjana, Prof. M. Mas’ud Said, PhD memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Guru Besar Ilmu Pemerintahan tersebut menyebutkan alasan mengapa mengundang Bapak Sugeng Waluyo tersebut.

Baca pula Change Management Untuk Sustainability

Beliau menyampaikan harus ada percepatan dan efisiensi efisiensi penggunaan sumberdaya apa saja.  misal sumberdaya keuangan, Sumber daya manusia, dan sumber daya teknologi sebagai satu unsur dari perencanaan strategis. Percayalah apa yang kita lakukan ini adalah bagian dari percepatan quantum lead dari apa yang mestinya kita lakukan 10 tahun harus kita perpendek menjadi 5 tahun kalau perlu menjadi 3 tahun.

workshop strategic planning
Direktur Pascasarjana sedang menyampaikan sambutan Guest Lecture

Sugeng Waluyo menyampaikan materi yang berjudul setting goal and business planning. Materi ini bertujuan untuk memahami manfaat setting goal and business planning, membuat target SMART (SWOT, PEST, STEER) dan mampu membuat tujuan bisnisdengan cara membuat perencanaan.

Sugeng Waluyo Ketua Malang Consulting Group menyampaikan materi Guest Lecture

Dalam awal penyampaian, Ketua Malang Consulting Group menyatakan pengertian setting goal. Setting Goal merupakan proses penetapan dan sasaran tujuan. sasaran (goal) adalah objek dari tindakan. Manajemen penetapan sasaran atau tujuan untuk mencapai keberhasilan kinerja.

baca pula Prodi Magister Manajemen Tinjau Kembali Kurikulum dan Tetapkan Kompetensi Unggulan

Kemudian dilanjutkan praktek membuat Goal Bisnis. Diawali dengan langkah membuat pernyataan tertulis tengtang tujuan bisnis. menvisualisasikan tujuan bisnis. dan yang terakhir membuat perkiraan pendapatan di masa mendatang. (RED/AL/PPS)