Kunjungan Tim Monev Pemprov. Jatim ke Pusat Studi Jawa Timur di Pascasarjana UNISMA

Hari ini (11/10) Tim Pemerintah Provinsi Jawa Timur berkunjung ke Pascasarjana UNISMA. Kehadiran Tim tersebut adalah untuk melakukan Monev ke Pusat Studi Jawa Timur yang dikelola oleh UNISMA yang secara operasional ditangani oleh Pascasarjana UNISMA.

Hadir pada acara kunjungan tersebut adalah Direktur Pascasarjana, Prof. H. M. Mas’ud Sid, MM., Ph.D., Wakil Direktur I, Dr. H. Nur Fajar Arif, M.Pd., dan Wakil Direktur II, Dr. Rulam Ahmadi, M.Pd. Hadir pula pada kesempatan tersebut adalah Rektor UNISMA, Pof. Dr. H. Maskuri, M.si., Wakil Rektor II, Prof. H. Junaidi, M.Pd., Ph.D., dan Wakil Rektor IV, Dr. Hj. Istirocahah Pujiwati, MP., serta beberapa Ketua Program Studi, seperti KPS Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Magister Ilmu Administrasi, Magister Pendidikan Agama Islam, Magister Pendidikan Matematika, dan Magister Manajemen. Ikut hadir pula dan sekaligus sebagai penitia pelaksana penelitian adalah Ketua LPPM UNISMA dan timnya, dan beberapa tim program Pusat Studi Jawa Timur di lingkungan UNISMA.

Pusat Studi Jawa Timur yang menempati ruang khusus di Gedung Pascasarjana Lantai III diawaki oleh dua orang yang mengelola secara rutin informasi-informasi penting terkait dengan capaian pembangunan di Jawa Timur dan potensi-potensi unggulan yang dicapai selama ini.

Rektor UNISMA, Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si., dalam sambutannyaa menyampaikan, “Bantuan ini jangan disia-siakan. Kepercayaan ini harus dijaga dan dikerjakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Saya sudah menyampaikan bahwa seluruh bantuan ini jangan dikurangi seribu rupiah pun. Saya minta pada yang mengawaki Pusat Jawa Timur ini untuk melakukan acara dan membuat manover-manover strategis untuk memberikan informasi paling tidak setiap bulan dalam rangka memberikan kontribusi yang sangat besar pada Pemprof. Jawa Timur”, pungkasnya.

Wakil Rektor IV, Dr. Hj. Ir. Istirochah Pujiwati, MP., dalam sambutannya menyampaikan, “Kami siap menerima evaluasi oleh Tim Monev Pemprof. Jatim untuk dapat memenuhi standar yang diharapkan dan mencapai tujuan yang telah ditentukan. Ini adalah kerjasama yang baik antara UNISMA dengan Pemerintah Jawa Timur untuk ikut ambil bagian berkontribusi pada pembangunan Jawa Timur”.

Direktur Pascasarjana UNISMA, Prof. H. M. Mas’ud Said, MM., Ph.D, yang menggagas kerjasama Pascasarjana UNISMA dan Pemprof. Jatim, memberikan sambutan dengan menginformasikan capaian pelaksanaan kerjasama. Dalam sambutannya, Prof. Mas’ud Said menyampaikan, “Pusat Studi seperti ini baru satu-satunya di UNISMA dan belum ada di daerah lain. Ini bukan hanya mengenai berokrasi, tetapi juga tentang dunia ilmiah. Mengapa Pusat Studi Jawa Timur ada di UNISA. Karena kami ingin melakukan akselerasi perwujudan Visi Pemprof. Jawa Timur, “Cetar”. UNISMA mendukung dan membantu Kominfo Jawa Timur mewujudkan satu data se Jawa Timur”, pungkasnya.

Prof. Mas’ud juga memaparkan tentang capaian pelaksanaan program kerjasam, seperti penelitian, pemenuhan sarana dan prasarana ruang Pusat Studi Jawa Timur, dan pengelolaan website Pusat Studi Jawa Timur.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Ibu Heny Fitriyani, SH., M.Si. dari Tim Monev Pemprof. Jawa Timur. Dalam sambutannya ia menyampaikan, “Saya mengakui jika kerjasama Pascasarjana UNISMA dan Pemprof. Jawa Timur adalah kerjasama yang paling Cetar. Ini adalah kontribusi yang sangat besar apalagi melibatkan kaum ilmuwan yang secara langsung terlibat dalam penelitian-penelitian. Diharapkan ke depan Pusat Studi Jawa Timur ini bisa memberikan kontribusi lebih luas dengan mencakup beberapa data penting lainnya, seperti UMKM, Halal, Digital, hingga Kepariwisataan”.

Di dalam kunjungan tersebut juga di sampaikan beberapa laporan dari hasil penelitian tim peneliti Pusat Studi Jawa Timur, seperti Produk dan Industri Halal, UMKM, dan Tranformasi Digital kepada Tim Monev Pemprov Jatim.

Kunjungan berjalan lancar dan paparan capaian pelaksanaan kerjasama sangat menggembirakan karena dari tayangan menunjukkan seluruh program berjalan lacar dan memenuhi standar yang diharapkan, saling menguntungkan kedua belah Pihak yaitu Unisma dan pemprov, sesuai dengan apa yang diinginkan oleh kedua belah pihak sesuai dengan RKP Pemprov Jatim.