HOT LINKSnext play pause back

Page visit counter:

487326

Pengunjung hari ini : 33
Total pengunjung : 125992
Hits hari ini : 425
Pengunjung Online: 3

Profil Magister Ilmu Hukum

A. Pengantar

Program Pascasarjana Program Magister Ilmu Hukum Universitas Islam Malang (PMIH-PPS-UNISMA) merupakan salah satu Program Pendidikan Strata Dua (S2) di PPS UNISMA. Program ini didirikan dengan orientasi penyediaan dan pengembangan tenaga akademik dan praktisi yang profesional yang memiliki kualifikasi dan penguasaan terhadap Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang berbasis hukum dan berkarakter Iman dan Taqwa (IMTAQ).

Kurikulum terkini yang didesain untuk menghadapi era global (Millenium III), program unggulan, pengajar yang berkualitas, komputerisasi layanan administrasi, dan sarana/prasarana yang memadai melengkapi status Program Magister Pascasarjana UNISMA sebagai program pendidikan Strata Dua (S2) yang berada di Kopertis Wilayah VII melalui SK Dirjen Dikti Nomor 286/DIKTI/2000 dan telah TERAKREDITASI berdasarkan SK BAN-PT No. 002/BAN-PT/Ak-VI/S2/V/2008.


Program pendidikan ini dirancang untuk mencetak sumber daya manusia yang berkualifikasi profesional dengan indikator berkemampuan menerapkan, mengembangkan, serta menciptakan ilmu pengetahuan serta teknologi di bidang hukum dengan berbasis pada nilai-nilai keimanan. Hal ini sejalan dengan amanat wawasan almamater UNISMA yaitu Keislaman, Kebangsaan, Kecendikawanan, dan Kepeloporan.

Sebagai salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut, beberapa hal yang dilakukan antara lain, penyiapan sarana dan prasarana, perintisan berbagai bentuk kerjasama dengan instansi maupun departemen terkait baik dalam maupun luar negeri, dan pengembangan sistem pembelajaran yang selalu menitikberatkan pada keakuratan, ketepatan, keefektifan, serta keefisienan. Kesemuanya bermuara pada keinginan untuk memberikan pelayanan yang optimal sehingga dapat menghasilkan “keluaran” sebagaimana yang diharapkan.

Adapun tentang kegiatan administratif yang harus pula dilakukan mahasiswa, sepenuhnya dapat dipelajari dalam buku pedoman akademik, yang diterbitkan secara periodik oleh Biro Administrasi Akademik dan Administrasi Kemahasiswaan (BAAK) Universitas Islam Malang.

B.     Visi, Misi, Dan Tujuan Program

Program Magister Ilmu Hukum Program Pascasarjana Universitas Islam Malang (PMIH-PPS-UNISMA) mempunyai visi, misi, dan tujuan yang jelas. Hal ini didasari oleh semangat mengemban amanah sebagai Program Pendidikan Strata Dua (S2) Ilmu Hukum di wilayah Perguruan Tinggi Swasta di Kopertis Wilayah VII.

1. Visi

Menjadi lembaga penyelenggara program magister ilmu hukum yang profesional dan berdaya saing global serta berakhlakul karimah, berlandaskan Islam Ahlussunnah waljama’ah An-Nahdliyah”.

      Secara umum hal tersebut sejalan dengan visi Universitas Islam Malang yaitu mewujudkan diri sebagai lembaga perguruan tinggi yang di satu sisi handal dan berorientasi pada masa depan baik pengelolaan, pengembangan, serta penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Di sisi yang lain mencetak intelektual/ ilmuwan/praktisi profesional yang dilandasi aqidah Islam Ahlussunnah wal Jamaah dan memiliki kepedulian terhadap masalah sosial, budaya, kemanusiaan, dan tata nilai di masyarakat.

2. Misi
      Program Magister Ilmu Hukum Pascasarjana Universitas Islam Malang mempunyai misi sebagai  berikut:

1.   Menyelenggarakan program pendidikan dan kegiatan pembelajaran secara professional, dengan menciptakan suasana akademik yang  kondusif bagi peningkatan kapasitas intelektual peserta didik, melalui pengembangan kurikulum, pengajaran, penelitian dan  pengabdian kepada masyarakat merupakan bentuk-bentuk kegiatan akademik yang profesional dan berkinerja tinggi.      

2.  Mengembangkan ilmu hukum, meliputi bidang hukum tata pemerintahan, hukum pidana, hukum Islam, hukum agraria, hukum kesehatan dan hukum bisnis, untuk menunjang kebijakan pemerintah di bidang pembangunan hukum yang berkelanjutan (sustainable  legal development) dan responsif terhadap perkembangan masyarakat, ilmu pengetahuan dan teknologi.

3.  Mengembangkan pemikiran dan kajian ilmu hukum dan keislaman melalui kegiatan penelitian hukum terhadap berbagai fenomena hukum dalam masyarakat dalam spektrum yang lebih luas.

4.  Mengembangkan ilmu hukum dan keislaman melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat, dengan menjalin kerja sama dengan instansi/lembaga penegak hukum, lembaga ekonomi, lembaga perbankan, pemerintah pusat maupun daerah.

 3. Tujuan 

Sesuai dengan visi dan misi sebagaimana diuraikan di atas, maka tujuan Program Magister Ilmu Hukum adalah untuk menghasilkan lulusan Magister Ilmu Hukum yang profesional, kritis dan kreatif serta memiliki kemampuan akademik untuk:

1.  Menghasilkan lulusan Magister Ilmu Hukum yang unggul, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT., berakhlakul karimah, bersikap ilmiah, menguasai IPTEKS, beretika dan memiliki kapasitas akademik, kreatif, mandiri, berwawasan kedepan serta mampu bersaing dan bekerjasama dengan sejawat dalam bidangnya.

           2.   Terwujudnya hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang mampu memberi solusi atas berbagai kasus hukum yang dihadapi                 masyarakat maupun pemerintah dalam proses pembangunan.

 

Last Update: 12-03-2014 12:02