Direktur Pascasarjana UNISMA Sehari Dua Kegiatan Penting

Seirama dengan perkembangan yang terjadi khususnya dalam dunia pendidikan, lapangan kerja, dan teknologi Pascasarjana UNISNA terus melakukan peningkatan kualitas dalam segala bidang. Pagi ini (18/09) Program Studi Magister Manajemen sedangkan melakukan pertemuan para dosen pengampu matakuliah Semester Gasal 2019/3020 dalam rangka memantapkan sistem penulisan karya ilmiah.

Di hari yang sama, Program Magister Peternakan Pascasarjana UNISMA juga mengadakan pertemuan awal perkuliahan Semester Gasal 2029/2020. Pada acara tersebut Direktur Pascasarjana juga ikut hadir dan membukanya secara resmi.

Direktur Pascasarjana (Ptof. H. M. Mas’ud Said, MM., Ph.D.), dalam sambutannya pada acara Prodi Magister Manajemen menegaskan, “Keunggulan dari sebuah perguruan tinggi antara lain adalah produk karya akademiknya yang mampu mempengaruhi perubahan pembangunan nasional. Produktivitas akademik bisa melalui penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang harus dikembangkan secara terus menerus. Semua produk yang ada dipublikasikan secara online. Oleh karena kita harus memiliki guide-lines dalam melakukan kekiatan akademik. Yang paling penting adalah bagaimana kita bebas dari plagiasi.”

Pada acara pertemuan awal perkuliahan awal Semester 2019/2030 Prodi Peternakan, Prof. Mas’ud Said menyampaikan, “Perkembangan Pascasarjana UNISMA, khususnya dalam segi student-body mengalami peningkatan lebih dari 100% . Oleh karena itu kita sekarang harus kian bersemangat, energi pengembangan sistem akademik harus terus ditingkatkan.”

Selanjutnya Direktur Pascasarjana mengetengahkan bahwa ada beberapa hal yang harus dikembangkan: Pertama, komunikasi koordinasi terus; Kedua; kuliah harus ada bahannya sehingga mahasiswa terbantu; Ketiga, S1 dan S2 berbeda dan dibedakan orientasi akademiknya. Kalau S1 lebih bersifat teoritis, sedangkan S2 harus terapan (applaid). Terakhir, lakukan evaluasi secara konsisten.

Kegiatan-kegiatan di lingkungan Pascasarjana dilaksanakan secara integral dan berkesinambungan berbasis kerjasama yang apik antara pimpinan, ketua program studi, staf, dan mahasiswa/alumni.. Cara yang demikian itulah terbukti mendongkak peningkatan jumlah mahasiswa baru (student body) pada seluruh program studi di Pascasarjana UNISMA.